• 17.12.09

      Google Chrome OS

      Google Chrome OS adalah Sistem Operasi yang dibuat sendiri oleh Google, tentu saja sistem operasi baru ini akan ikut meramaikan persaingan diantara Microsoft, Apple dan semua distro Linux.Meskipun sebelumnya Google sudah terjun ke sistem operasi smartphone dengan Google Androidnya,untuk Sistem Operasi Chrome ini google belum banyak memberi informasi selain hal-hal

      umum saja seperti bersifat open source, akan diluncurkan pada tahun 2010 dan diperuntukkan bagi netbook.

      Berikut beberapa keterangan yang mungkin akan dapat memuaskan rasa keingintahuan kita terhadap OS yang satu ini :

      1. Apa itu Sistem Operasi Chrome
      “Kecepatan, kesederhanaan dan keamanan merupakan aspek kunci dari Sistem Operasi Chrome buatan Google,” menurut pernyataan dari Google. “Kami merancang Sistem Operasi yang cepat dan ringan, start up dan membawa anda ke web.“Antarmuka sengaja dibuat minimal, dan kebanyakan penggunaannya diperuntukkan di web.”

      2. Kapan sistem operasi Chrome dapat digunakan
      “Akhir tahun ini kami akan meng-opensource-kan kodenya, dan netbook yang menggunakan Sistem Operasi Chrome buatan Google akan tersedia untuk para pengguna pada semester kedua tahun 2010,” ungkap Sundar Pichai, VP Product Management dan Linus Upson, Direktur Teknik di blog Google.

      3.Apakah Microsoft tidak perlu khawatir akan bersaing dengan Windows 7 nantinya ?
      Sebaliknya, sistem operasi Chrome buatan Google akan dapat menyaingi Windows 7 karena selain Windows 7 akan bisa berjalan di netbook, sama seperti peruntukan Chrome, juga Google memiliki kemampuan dana yang cukup besar untuk bersaing dengan Microsoft.

      4.Apa bisa digunakan di Komputer PC
      Kompatibilitas menjadi perhatian besar bagi Google, namun dengan menggunakan kernel Linux dengan sistem penjendelaan, dan bekerjasama dengan mitra-mitra yang kuat, sistem operasi Chrome akan tersedia di platform PC kebanyakan.

      5.Bagaimana dengan keamanannya
      “…seperti yang kita lakukan dengan browser Google Chrome, kami akan kembali ke dasar dan merancang ulang semua yang berhubungan dengan arsitektur keamanan dari sistem operasi sehingga para pengguna tidak harus disibukkan dengan virus, malware dan update keamanan. Harusnya seperti itu,” ungkap Google.

      6.Apakah seluruhnya dikerjakan oleh Google ?
      Tidak. Google telah meminta komunitas open source untuk membantu mereka mengingat proyek ini dibangun di atas kernel Linux yang sifatnya terbuka.“Kami masih harus menyelesaikan banyak hal, dan tentu saja kami akan membutuhkan bantuan dari komunitas open source untuk menyempurnakan visi ini.”

      7.Lalu bagaimana ini bisa membuat penggunaan komputer menjadi lebih baik ?
      “Kecepatan, kesederhanaan dan keamanan merupakan aspek kunci dari sistem operasi Chrome,” ungkap Google. “Kami merancang sistem operasi yang cepat dan ringan, yang bisa start up dan lalu membuka web hanya dalam hitungan detik.”

      8.Berapa biayanya ?
      Chrome berbasis Linux, open source dan tentu saja kemungkinan besar gratis. Dan kemungkinan juga Google akan mencoba menghasilkan uang dari dukungan perusahaan.

      INFO:





      0 komentar:

      Post a Comment

      Budayakan Komentar yang Mendidik

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news